Pagak, Desa Wisata Yang Mulai Menggeliat

Matamatanews.com, KLAMPOK---Desa Pagak merupakan desa yang berada di Kecamatan Purwareja Klampok, Kab. Banjarnegara. Klampok sebagai rintisan kota pusaka di wilayah barat Kabupaten Banjarnegara merupakan pintu pariwisata di wilayah barat yang menghubungkan 4 Kabupaten yakni Purbalingga, Banyumas, Kebumen dan Banjarnegara. 

Pada pertengahan Agustus 2017 Pemerintah Desa Pagak bersama dengan Mahasiswa KKN STIE Tamansiswa Banjarnegara merintis sebuah pergerakan untuk menunjang adanya langkah Pemerintah Daerah dalam merintis Kota Pusaka di Kecamatan Purwareja Klampok. Yakni dengan membuat pergerakan Desa Wisata Pagak yang berbasis Pertanian Atau Wisata Perkampungan. Adanya pergerakan Desa Wisata dikolaborasikan dengan program Pemerintah Desa Pagak menjadi Desa Wisata diharapkan dapat menaikan Pendapatan Asli Desa.

Dengan adanya Kawasan Wisata Di Kecamatan Purwareja Klampok membuat langkah Pemerintah Desa Pagak semakin optimis dalam membangun Desa Wisata. Apalagi akses jalan yang telah memadai dapat menghubungkan antara BLKP Purwareja Klampok, Kerajinan Kramik Klampok, dan potensi lainya yang dapat di kemas sebagai kawasan wisata di wilayah Purwareja Klampok.

Targetnya pada tahun 2022 nanti Desa Pagak dapat sebagai desa percontohan dalam bidang pertanian. Kerjasama antara pemerintah desa dan BLKP Purwareja Klampok dalam bidang pertanian ini sebagai modal dasar dalam membangun desa wisata pertanian. Gambaran umumnya ketika BLKP Purwareja Klampok mengadakan pelatihan  maka pihak pemerintah desa pagak menyediakan lahan sebagai tempat study pertanian. Dengan adanya kunjungan ini dapat dijadikan media promosi awal Desa Wisata Pagak.

Berbagai kegiatan awal yang telah dilaksanakan kelompok sadar wisata desa pagak yaitu Kegiatan Festival layang-layang dan Peresmian Kampung Kitiran oleh Kepala Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara pada 17 September 2017. Kemudian Alat Musik Tradisional Gumbeng yang telah punah selama 20 tahun silam mulai di hidupkan kembali dan diperkenalkan perdana kepada peserta Duta Wisata Banjarnegara pada 23 September 2017. Tak kalah seru adalah pertandingan bola voli lumpur dan Ndut-Ndutan di persawahan rawa lutung pada 11 November 2017 dan pada saat itu pula secara resmi Desa Pagak Menerima SK Desa Wisata Dari Pemerintah Kabupaten Banjarnegara.

Pergerakan Desa Wisata ini merupakan pergerakan dari masyarakat untuk masyarakat yang di fasilitasi oleh pemerintah desa dan pemerintah daerah melalui kerjasama yang saling menguntungkan.*(javi,hen)

sam

No comment

Leave a Response