Panitia Pilkades Desa Sokaraja Lor Tetapkan Balon Kades dan Tarli Tetap 2019

 

Matamatanews.com, BANYUMAS—Agenda besar Pemkab Banyumas pada bulan Juli 2019 adalah akan diselenggarakannya pemilihan kepala desa serentak di 267 desa di wilayah Banyumas. Tahapan pembentukan panitia, pengawas dan penjaringan bakal calon pun tengah berlangsung sejak bulan Mei 2019.

Panitia Pilkades Desa Sokaraja Lor, Kec. Sokaraja Kab. Banyumas telah melakukan proses tahapan serupa yakni ditetapkannya bakal calon kepala desa dan penetapan daftar pemilih tetap yang diadakan pada hari Selasa (18/06/19) bertempat di Aula Balai Desa setempat.

Ketua Panitia Pilkades Desa Sokaraja Lor Kuat Waluyo menyatakan, penetapan DPT serta seleksi bagi bakal calon kades telah melalui tahapan yang panjang. Sejak ditetapkannya daftar pemilih sementara (DPS), penetapkan DPT Tambahan dan terakhir penetapan Daftar Pemilih Tetap maka ada 3.069 warga yang mempunyai hak pilihnya.

"Penetapan Bakal Calon Kades melalui tahapan seleksi administrsi, akan diumumkan pada tanggal 27 Juni yang akan datang. Selaku Panitia kami berharap Pilkades kali ini akan berjalan aman dan lancar karena prinsip kita adalah Pilkades adalah milik bersama, " ungkapnya.

Tim Fasilitator Kecamatan Sokaraja Parno mengungkapkan, rasa syukur tahapan demi tahapan telah dilalui dengan lancar.

"Kami memberikan apresiasi yang sebesar besarnya kepada panitia serta masyarakat, akhirnya telah memunculkan dua bakal calon kades yang akan berkompetisi pada tanggal 23 Juli nanti. Kami berharap pilkades berjalan aman dan lancar. Setelah ditetapkannya DPT maka kami berharap tidak ada lagi usulan dari masyarakat karena telah melalui proses yang panjang, " katanya.

Panitia penjaringan Wahyono mengungkapkan, penetapan bakal calon kades harus lolos administrasi. Berdasarkan seleksi tersebut panitia telah menetapkan dua bakal calon kades yang telah lulus administrasi yaitu Umar Muslim dan Nur Hidayaturohman.  "Keduanya telah melengkapi persyaratan dan dinyatakan valid, sehingga melanjutkan tahapan berikutnya, " terangnya. Ketua BPD Desa Sokaraja Lor Ahmad Subaji menerangkan, setelah ditetapkannya DPT maka diharapkan tidak ada usulan lagi dari masyarakat. 

"Kami berharap semua aturan dipahami betul baik bagi para bakal calon kades, pendukung maupun masyarakat. Perlu dipahami pula bahwa panitia pengawas akan melakukan pengawasan tidak hanya kepada panitia tetapi juga kepada bakal calon kades, pendukung maupun masyarakat yang punya hak pilih. Saya berpesan kepada bakal calon dan pendukung tidak hanya siap menang tetapi juga siap untuk kalah. Hal ini akan menjadi pembelajaran bagi masyarakat desa Sokaraja Lor ke depannya akan lebih baik lagi, " imbuhnya. (hen)

 

sam

No comment

Leave a Response