Pasca Banjir Besar Iran, Dua Juta Orang Butuh Bantuan Kemanusiaan

 

Matamatanews.com,  TEHERAN—Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khemenei  mengizinkan kepada pemerintah menggunakan Dana Pembangunan Nasional untuk membantu para korban banjir melanda sejak Maret lalu. Federasi Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit menyebut banjir yang melanda Iran tersebut merupakan bencana terbesar selama kurun 15 tahun  lebih.Menurut IFRC, banjir telah menewaskan sedikitnya 78 orang dan melukai lebih 1000 lainnya.

Jumlah korban yang terkena dampak banjir berkisar 10 juta orang di 2.000 kota lebih, sedang setengah juta orang lainnya terlantar. “Seluruhnya ada 457 ribu orang lebih yang telah dilayani Bulan Sabit Merah,” sedangkan tranportasi darurat yang disediakan berkisar 239 ribu.Sejak hujan deras mengguyur Iran Timur pada Sabtu (11/4) lalu mendorong pihak berwenang memperbarui peringatan banjir dinegara tersebut ,dan seperti dilansir Al Arabiya dari Reuters berbagai media lokal melaporkan bahwa berbagai jalan dan sungai tersapu oleh luapan air.

Presiden Iran Hassan Rouhani meminta Khamenei untuk menggelontorkan US$ 2 miliar dari dana yang ada untuk digunakan dalam kasus darurat seperti korban banjir bandang yang menghantam bagian utara dan barat Iran hingga menimbulkan kerusakan  hingga mencapai US$ 2,5 miliar.Ahad (14/4) lalu para pejabat Iran mengatakan bahwa 25 dari 31 provinsi telah terkena dampak banjir dan lebih dari 14.000 kilometer (8.700 mil) jalan mengalami kerusakan parah. (cam/al arabiya/reuters)

 

sam

No comment

Leave a Response