PDAM Brebes Kelola Sumber Mata Air Baru Senilai Rp 72 Miliar

 

Matamatanews.com, BREBES—Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Brebes pada tahun 2018  memulai membangun sumber mata air Tuk Uleng yang berlokasi di Desa Sridadi Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes. Pembangunan sumber mata air Tuk Uleng bakal menelan anggaran Rp 72 Miliar yang dananya  berasal dari APBN 

Menurut Direktur PDAM  Brebes Karmai Widiastuti pengelolaan sumber mata air Tuk Uleng merupakan proyek Multiyears yang dikerjakan dalam beberapa tahap. 

" Dana nya dari APBN sebesar Rp 72 Milyard, ini proyek multiyears dengan pelaksana PT. Melindo Putra Jakarta" terang  Widiastuti kemarin

Secara terpisah Kepala Bagian Tehknis Muflikhin ST menjelaskan pengelolaan sumber mata Tuk Uleng merupakan proyek Multy years yang pada tahun 2018 ini pekerjaan membuat broncap atau bak penangkap di dekat sumber dan  resevoir atau bak pembagi. Serta pemasangan pipa transmisi sepanjang 3,2 km yang dibagi dua  sebelah kanan kiri sungai. 

"Tahap awal Tahun ini pemasangan pipa dan pada tahun 2019  lanjutan pekerjaan 2 BPT, 1 recervoir dan jaringan pipa JDU serta JDB untuk empat  Kecamatan " jelas Muflihkin, Selasa (22/5/2018) . Dijelaskan sumber mata air Tuk Uleng memiliki debit 1250 liter per detik. 

"Namun yang akan  dimanfaatkan sekitar 250 liter per detik saja. Yang pembagiannya meliputi wilayah Kecamatan Sirampog  15-20 liter per detik, Bantarkawung 50 liter per detik, Tonjong 25 liter per detik dan sisanya untuk pelanggan wilayah Kecamatan Bumiayu.

” Dengan pengambilan 250 liter per detik itu kami rasa cukup memenuhi kebutuhan air bersih bagi 16 ribu pelanggan baru yang tersebar di empat kecamatan, Bumiayu, Tonjong, Bantarkawung dan  kecamatan Sirampog,” urai Muflikhin ( Purwanto) 

 

sam

No comment

Leave a Response