Pegiat Pemekaran Terus Perjuangkan Brebes Selatan Jadi Kabupaten

 

Matamatanews.com, BREBESKeinginan masyarakat Brebes Selatan yang ingin memisahkan diri membentuk kabupaten baru, memasuki tahap ke tingkat provinsi. Setelah sebelumnya pada tanggal  5 November 2018 lalu Bupati dan DPRD Brebes akhirnya menyetujui pemekaran Brebes Selatan. Melalui putusan  Sidang Paripurna DPRD. 

Dalam sidang Bupati bersama DPRD Brebes menyetujui enam wilayah kecamatan di Kabupaten Brebes selatan mekar sebagai Daerah Otonomi Baru (DOB). Yang meliputi Kecamatan Paguyangan, Kecamatan Tonjong, Kecamatan Salem, Kecamatan Bantarkawung, Kecamatan Sirampog, dan Kecamatan Bumiayu. 

Menurut salah satu anggota Presidium Pemekaran Masrukhi setelah disetujui  tahap berikutnya Dokumen diserahkan ke Gubernur. 

“Jadi tahapanya hasil persetujuan bersama disampaikan ke Gubernur untuk kemudian diparipurnakan di DPRD Provinsi sebelum akhirnya disampaikan ke pemerintah pusat,” paparnya. Dijelaskan Masruhki Daerah otonom baru  telah ditetapkan bernama Kabupaten Brebes Selatan dengan ibukota Kabupaten di Kecamatan Bumiayu. 

"Nama yang sudah disepakati yakni Kabupaten Brebes Selatan yang meliputi enam kecamatan Salem, Bantarkawung, Paguyangan, Sirampog  Tonjong dan kecamatan Bumiayu. 

Dan rencana dalam waktu dekat kami akan menghadap  Gubernur menindaklanjuti Dokumen yang telah ditanda tangani Pemerintah bersama DPRD Brebes " jelas Masruhki. Keinginan masyarakat Brebes Selatan memekarkan diri tak pernah henti sejak puluhan Tahun yang Islam. 

Kini perjuangan sedikit demi sedikit telah membuahkan hasil hingga memenuhi persyaratan administratif, sebagaimana diatur di Peraturan Pemerintah No. 78/2007 tentang Tata Cara Pembentukan, Penghapusan, dan Penggabungan Daerah.

Syarat administratif yang termaktub di dalam PP 78/2007 Pasal 5 ayat (2) meliputi keputusan DPRD kabupaten/kota induk tentang persetujuan pembentukan calon kabupaten/kota; keputusan bupati/wali kota induk tentang persetujuan pembentukan calon kabupaten/kota.

Syarat pertama dan kedua sudah di lalui. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Brebes pada tanggal 26 Maret 2018 menyepakati daerah otonomi baru enam kecamatan di wilayah Brebes selatan. Selanjutnya, pada tanggal 5 November lalu, Bupati Brebes juga menyetujui pembentukan calon kabupaten bernama "Kabupaten Brebes Selatan". (Purwanto)

 

sam

No comment

Leave a Response