Penyanyi Playback Bollywood Terkenal Mohammed Aziz Meninggal Dunia

 

Matamatanews.com, MUMBAI—Penyanyi playback terkenal film Bollywood Mohammed Aziz dikabarkan meninggal dunia pada  Selasa 27 November 2018 lalu sekitar pukul 15.17 waktu setempat dalam usia  64 tahun di rumah s akit Nanavati, Mumbai, India. Kematiannya yang mendadak sangat mengejutkan semua pihak, baik keluarga, para sahabat maupun penggemarnya.

Sejauh ini belum diketahui peyebab kematian sang penyanyi veteran itu lantaran apa, namun sebuah sumber menyatakan bahwa Mohammed  Aziz meninggal karena serangan jantung. Suara merdu Mohammed Aziz telah  mengisi suara  sejumlah  bintang terkenal Bollywood, seperti amitabh Bachchan, Anil Kapoor, Mithun Chakraborty, Rishi Kapoor sampai Govinda.

Dan di antara lagu yang pernah di populerkan adalah Tu Mujhe Qubool dalam film Khuda Gawah tahun 1992, My Name Is Lakhan dalam film Raam Lakhan tahun 1083, Ungli Mein Angooth dalam film Ram Avtar tahun 1988, Patjhad Saawan Basant bahar dalam film Sindoor tahun 1987, dan Pyar  Hamara Amar rahega film Muddat tahun 1986 dan sederet lainnya.

Selama karirnya Moh. Aziz telah bekerjasama dengan hampir semua penata musik top Bollywood, seperti Laxmikant-Pyarelal, Kalyandji-Anandji, Rahul Dev Burman, Naushad, O. P. Nayyar, Bappi Lahiri, Rajesh Roshan, Raamlaxman, Ravindra Jain, Usha Khanna, Anand-Milind, Nadeem-Shravan, Jatin Lalit, Anu Malik, Damodar Raao, Anand Raj Anand dan Aadesh Shrivastava.

Penyanyi bernama asli Syed Mohammed Aziz-un-Nabi ini lahir di Guma, North 24 Parganas, Bengali Barat, India pada 2 Juli 1954. Sejak kecil, Moh Aziz telah menyukai dunia musik dan sangat mengidolakan penyanyi top Mohammed Rafi. 

Selain untuk Bollywood, Moh Aziz juga menyanyi untuk industri film Bengali dan Odia. Dan selama karirnya sebagai penyanyi Mohammed Aziz telah menyanyi lebih dari 20,000 judul lagu, termasuk lagu-lagu untuk film Bollywood, Bengali and Odia. Selain itu, dia juga pernah menyanyi untuk lagu-lagu Bhajans dan Sufi. *(bar)

sam

No comment

Leave a Response