Pesan Jelang Idul Fitri, Taliban Serukan Amerika Serikat Jadi Mitra Yang Tulus

 

Matamatanews.com, KABUL—Sabtu (1/6/2019) lalu Taliban di Afghanistan meminta pemerintah Amerika Serikat (AS) untuk tetap menjadi “mitra yang tulus” dalam perundingan perdamaian.Pemimpin kelompok Taliban, Hibatullah Akhundzada dalam sebuah pesan tertulisnya menuding pemerintah Afghanistan berupaya mensabotase perundingan antara Taliban dan para tokoh politik Afghanistan.

Hibatullah mengatakan bahwa tidak ada seorang pun yang mampu untuk memaksa pihaknya untuk melupakan pengorbanan yang telah dijalaninya selama empat puluh tahun sebelum pihaknya berhasil mencapai tujuan.Adapun terkait dengan proses negosiasi yang sedang berlangsung dengan Amerika Serikat di Doha, Taliban menegaskan bahwa mereka tidak akan menghentikan pertempurannya di Afghanistan.

Hibatullah Akhundzada menyatakan akan tetap mempertahan ‘hubungan positif”nya dengan dunia terutama dengan negara-negara regional. Sementara itu Abdullah Abdullah, Kepala Eksekutif Pemerintah Persatuan Nasional mengatakan kepada seorang negosiator di Kabul bahwa Taliban dan kelompok teroris lainnya adalah musuh negara dan rakyat.Sedangkan pemerintah Afghanistan sendiri mengecam keras pernyataan Taliban yang menyatakan akan terus berperang di negaranya meski proses perdamaian terus dilangsungkan.

"Sayangnya, tidak ada perubahan dalam pola pikir Taliban dan orang-orang harus siap menghadapi musuh negara," tambah Abdullah.(cam/aa)

 

sam

No comment

Leave a Response