Potensi Energi Dan Sumber Daya Mineral Banjarnegara

 

Matamatanews.com, BANJARNEGARAPembangunan Bidang Energi dan Sumber Daya Mineral diprioritaskan pada pengendalian aktivitas pertambangan yang merusak lingkungan, peningkatan rasio elektrifikasi, inventarisasi dan pemanfaatan sumber energi alternatif, dan optimalisasi dalam pemanfaatan kekayaan alam.

Kegiatan pembinaan, pengawasan dan pengendalian pertambangan telah mekakukan pengendalian penambangan yang tanpa ijin di lokasi pertambangan terutama Galian C dan berkoordinasi dengan KP2T dan Pemerintah Desa setempat. Luas area pertambangan yang ada di Banjarnegara ada 161 ha dan sampai dengan tahun 2016 telah ditertibkan seluas 190,73 ha atau 118 % (tahun 2015 = 93,16%).

Program pengembangan bidang kelistrikan telah berhasil membangun jaringan listrik pedesaan (jarlindes) sepanjang 2.841 Kms. Dengan anggaran sekitar Rp 3,5 milyar dibuatkan 21 paket terdiri dari  3 paket pengembangan Jaringan listrik pedesaan dan 19 paket sambungan rumah keluarga kurang mampu. Pengembangan jaringan listrik selama tahun 2016 telah menaikkan rasio elektrifikasi (RE) Kabupaten Banjarnegara. Yakni  rumah tangga pengguna listrik tahun 2016 mencapai 82% (tahun 2015 = 76,74%).

Terkait isu panas bumi bagi kesejahteraan masyarakat di Banjarnegara, telah dilaksanakan koordinasi, konsultasi dan monitoring ditingkat daerah hingga pusat. PT. Geo Dipa akan dapat memberikan kontribusi dari penjualan listriknya bagi PAD dari sektor panas bumi Kabupaten Banjarnegara pada tahun ini. Disamping itu juga area panas bumi menjadi area geowisata yang dapat dimanfaatkan untuk wisata pendidikan pada anak sekolah.(javi,andi/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response