Rapat Paripurna DPRD Banjarnegara Masa Jabatan 2014 – 2019

 

Matamatanews.com, BANJARNEGARA—DPRD Kabupaten Banjarnegara menggelar Rapat Paripurna Istimewa dan pengucapan sumpah/janji anggota DPRD Kabupaten Banjarnegara masa jabatan 2019-2024, Rabu (14/08/19) lalu. Rapat Paripurna di buka oleh pimpinan DPRD masa jabatan 2014-2019 H.Bawono S.Sos. MM didampingi Wakil Ketua DPRD Drs. H. Bambang Prawoto Sutikno dan Drs. H. Indarto.

Dalam sambutanya H. Bawono S.Sos,MM selaku pimpinan sidang menyampaikan bahwa sebelum berakhirnya masa jabatan anggota DPRD tahun 2014-2019, DPRD telah berusaha melaksanakan tugas dan kewajibanya seoptimal mungkin dalam rangka menampung aspirasi masyarakat. 

" Sejak awal masa jabatan tahun 2014, DPRD telah melaksanakan berbagai agenda kegiatan legislatif, yaitu rapat-rapat baik internal dewan maupun dengan SKPD, dialog interaktif dengan eksekutif, dialog komunikatif dengan kelompok masyarakat/unsur masyarakat, kunjungan kerja/study banding serta kegiatan reses untuk menampung aspirasi masyarakat, " ungkapnya.

H. Bawono menambahkan dari hasil kegiatan Dewan masa jabatan 2014-2019, telah menghasilkan antara lain produk keputusan DPRD dengan rincian sebagai berikut :keputusan DPRD sebanyak 160 keputusan, yang meiputi persetujuan Perda sebanyak 107 keputusan termasuk Perda Inisiatif DPRD sebanyak 30 keputusan dan Persetujuan Non Perda sebanyak 53 keputusan. Keputusan Pimpinan DPRD sebanyak 228 keputusan, Persetujuan Pimpinan DPRD yang berbentuk surat sebanyak 53 keputusan.

Pada kesempatan itu Sekretaris DPRD Kabupaten Banjarnegara Catur Subandrio S.Sos juga membacakan Surat Keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor 170/45 Tahun 2019 tentang Peresmian Pemberhentian dan Peresmian Pengangkatan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Banjarnegara.

Pengucapan sumpah dan janji 50 Anggota DPRD masa keanggotaan 2019-2024 di pimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Banjarnegara kelas II Rudito Surotomo SH, MH, dengan di dampingi oleh Rohaniawan agama Islam H. Zahid Khasani S.Pd dan Rohaniawan agama Kristen Yakobus Dwi Mariyanto Saputro S.Si.Teo.

Setelah itu dilakukan penandatanganan Berita Acara Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRD Kabupaten Banjarnegara Masa Jabatan 2019-2024, penyematan Pin serta Penyerahan SK Anggota DPRD secara simbolis kepada dr. Amalia Desiana oleh Ketua Pengadilan Negeri Banjarnegara Kelas II.

Sambutan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di bacakan Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono menyampaikan, di Provinsi Jawa Tengah penduduk miskin sebanyak 3.867.420 jiwa dan menempati urutan terbanyak ke-2 di Indonesia, ada 14 kabupaten di Jawa Tengah berada dalam zona merah. 

" Namun, prosentase penduduk miskin di Jawa Tengah dari tahun ke tahun terus bergerak ke arah yang positif, untuk itu Jawa Tengah terus berupaya memfokuskan program penanggulangan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, " kata Gubernur.

Sebelum acara ditutup dilanjutkan penandatanganan pakta integritas oleh 50 anggota DPRD Banjarnegara periode 2019 – 2024 dan dilanjutkan dengan penyampaian ucapan selamat kepada Anggota DPRD Masa Jabatan 2019-2024 yang baru dilantik oleh Jajaran Forkompinda dan seluruh undangan yang hadir.*(javi,hen/berbagai sumber)

 

redaksi

No comment

Leave a Response