Rektor Terpilih UNSOED Harus Tandatangani Pakta Integritas Anti KKN

 

Matamatanews.com, PURWOKERTO—Usai sudah proses pemilihan Rektor UNSOED (Universitas Soedirman) Periode 2018-2022 . Setelah melalui tahapan seleksi penjaringan dan penyaringan, serta persaingan amat ketat, Prof. Dr. Ir. Suwarto, M.S. Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah terpilih sebagai Rektor Universitas Jenderal Soedirman untuk masa bakti 2018-2022, setelah berhasil menyingkirkan dua rival kandidat calon rektor lainnya, yakni Dr. Agus Nuryanto, S.Si. dan Prof. Dr. Ir. Mas Yedi Sumaryadi, M.S.

Proses pemilihan rektor yang berlangsung di Senate Meeting Room Unsoed, Selasa (24/4) dalam rapat tertutup Senat, diikuti oleh anggota Senat yang hadir sejumlah 58 dari 60 orang dan dihadiri Menristekdikti yang diwakilkan kepada Sekretaris Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Pendidikan Tinggi Kemenristekdikti Dr. Ir. Agus Indarjo.

Prof Suwarto berhasil meraih 60 suara sedangkan dua kandidat calon rektor lainnya, yakni Dr. Agus Nuryanto, S.Si. meraih 1 (satu) suara dan Prof. Dr. Ir. Mas Yedi Sumaryadi, M.S. mendapatkan 28 suara. Jumlah tersebut berkurang seorang dari total anggota sejumlah 61 orang dikarenakan meninggal dunia, yakni almarhumah Prof. Sri Suhermiyati.

Jumlah suara Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi dalam pemilihan rektor tersebut sebanyak 35 persen per 65 dikalikan jumlah suara senat yang sebanyak 58 sehingga diperoleh angka 31. Dengan demikian, jumlah total suara sebanyak 89 yang terdiri atas 31 suara Menristekdikti dan 58 suara senat.

Pelantikan pejabat baru Rektor Unsoed untuk masa jabatan periode 2018-2022 dijadwalkan sebelum tanggal 28 April 2018 namun apabila tertunda, proses selanjutnya menjadi tanggung jawab Kemenristekdikti.

Pejabat Rektor yang baru jelas nanti harus menandatangani Pakta Integritas bebas dari Kolusi, Korupsi dan Nepotisme (KKN) dengan Menristekdikti,”,kata Ketua Panitia Pemilihan Rektor Prof.Dr.Ir.Wardhana Suryapratama, M.S usai rapat tertutup senat.

Ditemui setelah rapat Senat tertutup pemilihan rektor;  DR.Mohamad Iqbal, Rektor Unsoed periode 2014-2018, mengatakan Unsoed harus berkarakter, dan mengikuti aturan reformasi birokrasi.”Karena dengan karakter cita cita akan tercapai, serta Unsoed harus bersih dari Kolusi, Korupsi dan Nepotisme (KKN), makanya dari pejabat Rektor ke bawah harus melakukan penandatanganan Pakta Integritas,” kata Iqbal. (Sugeng Triono)

sam

No comment

Leave a Response