Roadshow Anti Korupsi KPK 2018 Jelajah Negeri di Purwokerto

 

Matamatanews.com, PURWOKERTO—Bertempat di gedung pertemuan Roedhiro Lantai 3 Unsoed (Universitas Soedirman) Kelurahan Grendeng, Kecamatan Purwokerto Utara,  Senin (22/10/2018) kemarin telah dilaksanakan Roadshow # Bus Anti Korupsi KPK 2018 Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi. Acara siang itu dihadiri sekitar 450 orang dengan  penanggungjawab kegiatan Wakil Ketua KPK RI Alex Suparwanta.

Dalam sambutannya Wakil Rektor Unsoed  Prof. Dr. Ibnu Nugroho SH. M.Hum menyatakan bahwa pada hari ini kita akan melaksanakan suatu diskusi pencegahan tindak pidana korupsi sehingga nantinya jangan sampai kita lengah dalam penyelenggaraan keuangan.  Tindakan pencegahan memang paling sulit. 

"Perlu saya sampaikan ke pak Alex bahwa  Unsoed mempunyai mata kuliah wajib anti korupsi. Kami mohon dialog interaktif  santai ini dapat menjembatani antara perguruan tinggi dengan Dikti di bidang keuangan agar sinkron, " kata Ibnu.

Wakil  Ketua KPK Alex Suparwanta juga menyampaikan pendapatnya bahwa tujuan kahdirannya di Purwoketo untuk menjelaskan kinerja  KPK yang dalam melakukan kegiatannya tidak hanya menindak pejabat negeri tapi banyak dikalangan swasta, dan pengusaha.  

"Saya akan menyampaikan peran Dunia Usaha dalam pusaran korupsi dan Upaya Pencegahannya.  Baru saja KPK menangkap Bupati Bekasi tentang proyek pembangunan  Meikarta menyangkut  perijinan.  Kalau kita lihat profil para koruptor sebagian besar Wakil kita di DPR maupun DPRD. Bahkan di Malang hampir anggota dewan terlibat dan semua kita proses. Mungkin kalau kita jujur kasus korupsi terjadi di berbagai daerah. Sebagian besar kasus suap melibatkan penerima dan pemberi pada umunya dikalangan BUMN, dan itu merupakan kewenangan KPK, " kata Alex.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mengunjungi masyarakat di sebelas kabupaten/kota melalui program Jelajah Bus Antikorupsi. Program ini bertujuan meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam gerakan pemberantasan korupsi. Bus berwarna biru-putih ini bertugas mengkampanyekan pengetahuan antikorupsi di sebelas kota yang akan dikunjungi. Bus antikorupsi ini bukan bus penumpang biasa. Di dalamnya telah dilengkapi segala teknologi dan perangkat sosialisasi yang bisa digunakan masyarakat untuk memahami korupsi dan cara membasminya.

Ini salah satu upaya kami hadir di tengah masyarakat secara langsung, Target kampanyenya adalah masyarakat umum yang terdiri dari pelajar, guru, mahasiswa, dosen, aparat pemerintahan, komunitas, dan lain-lain. Program ini adalah salah satu upaya KPK dalam pencegahan korupsi. Pencegahan korupsi merupakan sebuah proses  panjang yang terus dilakukan KPK. KPK harus secara konkret berinteraksi dengan masyarakat untuk memberikan pengetahuan mengenai korupsi dan cara melawannya. 

 

Ini adalah kali kedua KPK melakukan program serupa. Pada tahun 2014, bus ini melakukan perjalanan ke Yogyakarta dan sekitarnya untuk mendukung peringatan Hari Antikorupsi Internasional 2014. Bus yang semula berwarna hitam ini ditempatkan di Taman Pintar Yogyakarta selama kurang lebih 1 tahun dan mengunjungi berbagai tempat untuk sosialisasi antikorupsi kepada masyarakat secara langsung.

Kali ini, bus antikorupsi akan  kembali menyapa masyarakat Indonesia melalui program penguatan kampanye antikorupsi “Jelajah Negeri, Bangun Antikorupsi” mulai tanggal 24 September hingga 31 Oktober 2018. Di setiap kota/kabupaten. KPK juga akan menggelar berbagai kegiatan yang disesuaikan dengan target sasaran, seperti sekolah, kampus, tempat keramaian publik (alun-alun dan car free day), dan sebagainya, di masing-masing kota/kabupaten yang dilewati.

Kegiatan utama yang akan dilaksanakan dalam rangkaian Roadshow Bus KPK 2018 di setiap daerah yang dikunjungi diantaranya edukasi antikorupsi untuk pelajar dan masyarakat umum, sosialisasi e-LHKPN dan gratifikasi, dan kuliah umum di perguruan tinggi. Kita selalu kesulitan kalau bermasalah dengan aparat contohnya Buaya dan Cicak jilid 1,2 dan 3 antara Polisi dan KPK pada kasus Korupsi. KPK menjerat dua jenderal polisi dalam kasus korupsi pengadaan alat simulator untuk surat ijin mengemudi dengan nilai proyek Rp 198 miliar.

Roadshow# Bus Anti Korupsi KPK 2018 Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam gerakan pemberantasan korupsi.* (jack, hen)

 

sam

No comment

Leave a Response