Rosmah Mansor Didakwa Pasal Pencucian Uang

 

Matamatanews.com, MALAYSIA—Istari mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, Datin Seri Rosmah Mansor resmi sudah ditahan Komisi Antikorupsi Malaysia (SPRM/MACC-Malaysian Anti-Corruption Commission) Rabu (3/10/2018) kemarin.Mantan ibu negara Malaysia itu bakan menjalani sidang perdana terkait skandal 1MDB, Kamis (4/10/2018) ini.

Rosmah bakal di menghadapi sidang dakwaan kasus pencucian uang. “Dia akn menghadapi tuduhan di bawah Undang-undang Anti-Pencucian Uang,pendanaan Anti-Terorisme, dan hasil dari Tindakan Aktivitas Melawan Hukum (AMLA),” ungkap Wakil Komisioner MACC, Azam Baki seperti dikutip Malaysiakini, kemarin.

Keterlibatan Rosmah mansor dalam skandal 1MDEB adalah terkait penggunaan uang perusahaan itu untuk membeli ratusan benda berharga seperti perhiasan dan tas mewah yang disita oleh polisi pada pertengahan Mei lalu. Selain itu Rosma juga diduga menerima aliran dana perusahaan melalui rekening pribadinya ,seperti yang dibeberkan sejumlah media.

Dikatakan Azam, Rosmah ditahan mulai pukul 3.20 sore di markas MACCdi Putrajaya. Rosmah sebelumnya  tiba di markas MACC sekitar pukul 11 pagi guna pemeriksaan yang ketiga kali. Tidak diketahui jelas apakah pemeriksaan Rosmah terkait dengan skandal korupsi pengelola dana negara 1Malaysia Development Berhad (1MDB) atau SRC International anak usaha 1MDB.

Sebelumnya, Rosmah sudah diperiksa pada 5 Juni lalu, dimintai keterangan selama sekitar lima jam oleh penyelidik SPRM terkait aliaran dana SRC International. Pada tanggal 26 September, Rosmah kembali dipanggil dan diperiksa sekitar 13 jam. Kepala Komisioner SPRM Datuk Seri Shukri Abdull mengatakan bahwa penyelidikan tentang Rosmah telah selesai dan laporan telah diserahkan kepada Jaksa Agung untuk penuntutan. (samar)

sam

No comment

Leave a Response