Sebagian Tahanan Yang Kabur Berhasil Diamankan

 

Matamatanews.com, RIAU – Sekitar 200 orang tahanan dilaporkan berhasil melarikan diri dari Rutan Sialang Bungkuk, Pekanbaru, Riau dengan cara merusak salah satu gerbang pada hari Jumat (5/5/2017). Hingga pukul 20.00 WIB, sebanyak 137 tahanan berhasil ditangkap kembali.

Kabid Humas Polda Riau, Kombes Guntur Aryo Tejo mengatakan, “Sampai saat ini kita masih melakukan penyisiran dan pengejaran di sekitar Rutan Sialang Bungkuk termasuk di pemukiman-pemukiman warga sekitar kota Pekanbaru”.

Selain itu, kaburnya para tahanan akibat terlalu banyaknya penghuni lapas yang sudah melebihi kepasitas yang disediakan. Hal tersebut diutarakan oleh Kombes Guntur yang mengatakan bahwa saat insiden terjadi terdapat 1.800 tahanan yang ditampung didalam rutan, sedangkan kapasitas rutan hanya 361 tahanan.

Kemudian, perlakuan-perlakuan yang tidak semestinya terkait dengan pelayanan yang kurang optimal seperti permasalahan makan, air bersih dan kapasitas ruangan.

“Rata-rata usia tahanan yang kabur 20 hingga 30 tahun, masyarakat diharapkan tetap waspada serta ikut membantu dengan cara memberikan informasi terkait orang-orang asing yang masuk kepemukiman mereka,” tambah Guntur.

Rutan Sialang Bungkuk sendiri terletak 7 km dari pusat kota Pekanbaru serta tidak terlalu jauh dengan jalur lintas Trans Sumatra Timur, hal tersebut memungkinkan para tahanan kabur menuju kabupaten lain dengan menggunakan bus. (Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response