Sejumlah Bakal Calon Kepala Daerah Gugur Di Tes Kesehatan

 

Matamatanews.com.JAKARTAKomisi Pemilihan Umum menerima laporan pemeriksaan kesehatan seluruh bakal calon kepala daerah yang akan mengikuti pilkada serentak 2017 mendatang. Hasilnya, 21 bakal calon gagal menjadi kontestan karena tidak lolos tes kesehatan.

Hadar Nafis Gumay, Komisioner KPU mengatakan, terdapat sejumlah faktor yang membuat kepala daerah gagal melalui tes kesehatan. Selain fisik, ia meneyebutkan kondisi psikologi dan efek penggunaan narkotik.Ia menambahkan, hasil tes kesehatan tersebut bersifat meningkat. Bakal calon yang tidak lolos tidak dapat melakukan tes ulang. “ Kalau mereka mau menggugat, kami tidak bisa melarang, tapi hasil yang dikeluarkan tim pemeriksa bersifat final,” ujar Hadar.

Bakal calon yang gagal tersebut sedianya akan bertarung pada pilkada di beberapa daerah yakni Pekanbaru, Bengkulu Tengah, Bener Meriah, Lhokseumawe, Aceh Tamlang, Aceh Tengah, Aceh Utara, Aceh Singkil, Bengkulu Tengah, dan Bireun.

Sebelumnya, KPU tidak menduga banyak bakal calon kepala daerah yang akan gugur pada tahap pemeriksaan kesehatan. Namun, Hadar mengungkapkan partai politik yang mengusung bakal calon tersebut dapat mengajukan kontestan baru. “ Masih ada ruang untuk pengganti dan semestinya parpol dapat memanfaatkan itu dengan baik,” ungkapnya. (Adith/Berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response