Senjata Mematikan Militer Amerika

 

Matamatanews.com, JAKARTASwitchblade Drone Kamikaze merupakan drone silent yang menjadi senjata mematikan yang digunakan militer Amerika. Prajurit dapat meluncurkan drone dari tempat tersembunyi yang kemudian mencari, mengidentifikasi serta menyerang target tanpa disadari pihak musuh.

Switchblade ini dilengkapi dengan kamera pengintai dan kamera inframerah kemudian dilengkapi dengan “Target tracker” yang berfungsi untuk mengunci target statis atau target yang bergerak. Dengan hulu ledak yang dirancang secara khusus, drone ini dapat berubah menjadi rudal di fase akhir. Selain itu, serangannya mampu menghancurkan target dengan ledakan yang berfokus serta dapat menghancurkan kendaraan lapis baja ringan.

Selain Amerika, beberapa negara lain sudah memiliki drone seperti ini, seperti Cina dengan CL-901, Polandia dengan Warmate, dan Turki dengan XQ-06. Bahkan  kelompok-kelompak ISIS sudah memiliki drone peledak improvisasi seperti ini yang mengklaim berhasil melukai dua pasukan khusus Prancis dan menewaskan beberapa prajurit Kurdi.

Kemudian versi terbaru Switchblade Blok 10C sudah dilengkapi dengan perbaikan data link digital, yang membuat drone ini sangat sulit untuk di jammer. Selain itu, data link baru dapat memungkinkan drone lain sebagai relay komunikasi yang berguna untuk memperluas jangkauan drone ini.

Hingga saat ini Amerika masih menggunakan drone Switchblade buatan AeroVironment. Bahkan dikabarkan produsen AeroVironment sudah membuat produk baru dengan peluncur yang dapat menyebarkan 20 rudal Switchblade secara bersamaan sehingga semakin membuat drone ini lebih mematikan. (Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response