Serang, Desa Wisata Penuh Pesona

 

Matamatanews.com, SERANG—Desa Serang merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.  Dengan ketinggian sekitar 1100 meter diatas permukaan laut menjadikan desa Serang memiliki iklim yang sejuk, udara yang bersih serta aneka tanaman tumbuh subur di wilayah ini.  Desa Serang telah dikenal banyak orang bukan hanya bagi pendaki Gunung Slamet tetapi juga pelancong yang hoby travelling.  Desa ini juga menjadi home base bagi pendaki gunung disamping dua desa lainnya yaitu Kutabawa dan Desa Blambangan.

Dengan kondisi alam yang sangat menguntungkan ditambah pesona alamnya yang elok, desa yang memiliki luas sekitar 11000 ha ini menjadi salah satu destinasi wisata andalan Kabupaten Purbalingga. Desa Serang menawarkan wisata agro dengan komoditi sayuran yang menjadi penghasilan utama bagi sebagian besar penduduknya. Berbagai jenis sayuran tumbuh subur di desa nan asri ini seperti tomat, kentang, kol, kacang panjang,  sawi,  dan buah strowbery. Buah ini menjadi ikon wisata desa Serang yang tumbuh subur hampir di semua ladang yang ada.

Menurut Sugito Kepala Desa Serang jumlah wisatawan mengalami kemajuan dari tahun ke tahun.  Rata rata jumlah wisatawannya mencapai 350 ribu orang per tahun. Melihat potensi tersebut pihak Pemdes Serang segera membangun home stay yang dikelola oleh desa ataupun milik perorangan yang hingga kini mencapai sekitar 60 buah. " Tarifnya murah dan pasti puas dengan pelayanan kami mas, " kata Sugito kepada Matamatanews, pekan lalu.

Hal senada juga diungkapkan  Wahyo tokoh masyarakat desa setempat. Dia merupakan inisiator bersama kepala desa Serang dan teamnya mulai dari merancang, membangun hingga mengelola wahana wisata itu. Salah satu wahana kebanggaan adalah Lembah Asri. Wahana seluas 1,3 ha ini awalnya tanah kas desa yang difungsikan sebagai rest area. Seiring berjalannya waktu ternyata banyak yang melirik tempat ini hingga tercetus untuk dibangun obyek wisata dengan sarana prasarana seadanya waktu itu.

" Pada mulanya memakai bambu mas untuk membangun saung dan eksterior lainnya,  tetapi lama kelamaan lapuk hingga membangun yang lebih permanen seperti yang terlihat sekarang ini mas, " kata Wahyo. Pemerintah kabupaten pun tidak menutup mata dengan kondisi yang ada,  dengan memberikan bantuan baik financial maupun team pendamping. Hingga saat ini wahana Lembah Asri telah dilengkapi dengan permainan High Rope,  FlyingFox,  ATV Bike, dan odong odong.

Pesona lain yang ditawarkan desa Serang adalah Kampung Kurcaci dan Pudang Mas. Kampung Kurcaci berada di dusun Brobahan merupakan dusun binaan Perhutani yang menawarkan beberapa wahana diantaranya Rumah Kurcaci,  Camping Ground,  Curug Kurcaci,  Hutan Wisata,  Sekolah Alam Kampung Kurcaci,  Rumah Pohon Kampung Kurcaci,  Permainan Tradisional,  Giant Swing dan Perpustakaan Kurcaci.

Sedangkan Pudang Mas Sikopyah juga menawarkan keindahan alam juga. Lokasi berada di dusun Kaliputih berjarak 1,5 km dari Lembah Asri. Di area wisata ini banyak dijumpai tumbuhan damar,  dengan mata airnya.  Dengan udara yang sejuk, hutan damar yang rindang serta aneka tanaman sayuran yang menghijau membuat kita betah singgah di sana.* (wisnu, hendro)

sam

No comment

Leave a Response