Serangan Mematikan di Burkina Faso Tewaskan Puluhan Orang

Embed video: 

 

Matamatanews.com, OUAGADOUGOU—Sebuah serangan mematikan melanda didua tempat terpisah di Burkina Foso, Ouagadougou, Afrika Barat pada Jum’at (2/3/2018) kemarin,masing-masing di Kedutaan besar Perancis dan Markas Militer serta kantor  Perdana Menteri.

Serangan maut dilancarkan oleh sekelompok pria bersenjata  yang menggunakan topeng dan ransel menyerang penjaga pintu markas militer ,yang kemudian ledakan hebat terdengar. Puluhan orang dilaporkan tewas dan puluhan lainnya mengalami luka-luka.

Pemerintah setempat menyebut bahwa serangan kembar tersebut sebagai serangan  yang terorganisir ,telah dipersiapkan secara matang.Karena dalam waktu dekat Burkina Faso akan menjadi tuan rumah “pertemuan antiterorisme” sejumlah negara.

Seperti dilansir The Assiaceted Press dan Kantor Berita AFP, Menteri Keamanan Clement Sawadogo menyatakan bahwa serangan terjadi karena kendaraan sudah dipenuhi dengan bahan peledak hingga terjadi ledakan dahyat dan kerusakan hebat di lokasi kejadian.

Hingga berita ini diturunkan kondisi dilapangan telah stabil seperti semula hanya terlihat ada sedikit peningkatan keamanan disekitar Kedutaan Besar Perancis, hal serupa juga terlihat disekitar Kedutaan Besar Amerika Serikat.

Kedutaan Besar Perancis di Burkina Faso mengingatkan kepada seluruh warga nya untuk lebih waspada dan meminta mereka tidak keluar rumah atau ke lokasi terjadinya serangan, hal serupa juga diserukan Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Burkina Faso.

Tujuh tentara dikabarkan tewas dalam serangan terpisah di Burkina Faso tersebut, sedangkan 90 orang lainnya terluka parah, dan para pejabat menyebutnya sebagai serangan teroris karena sejauh ini tidak ada  yang mengaku bertanggungjawab.

Di tempat terpisah , pemerintah Arab Saudi menegecam dan mengutuk serangan di kedutaan Perancis dan markas militer di Burkina Faso, Afrika Barat itu. Saudi menyatakan menolak terorisme maupun ektremisme dalam bentuk apapun. Sumber resmi di Kementerian Luar Negeri menyampaikan belasungkawa terhadap para orang-orang yang menjadi korban serangan di Burkina Faso. (cam/arab news/ap/afp)

 

sam

No comment

Leave a Response