Sisa Tentara Cina Yang Tewas dalam Perang Korea di Pulangkan

Matamatanews.com—Korea Selatan—Pemerintah Korea Selatan memulangkan sisa-sisa tentara yang Cina tewas selama Perang Korea. Ini yang ketiga kalinya Seoul bekerja secara langsung dengan Beijing tanpa melalui Pyongyang. Sebanyak 36 tentara sisa perang Korea di tempatkan di peti mati, siap untuk dikirim pulang. Para serdadu ini tewas selama Perang Korea 1950-1953 saat berperang bersama DPRK, yang berakhir dengan gencatan senjata, bukan perjanjian damai. "Mengenai persiapan karya, kami periksa sisa-sisa dan peninggalan di situs ini, dan kami akan memiliki ritual peti mati hari ini, dan mengadakan upacara serah terima pada tanggal 31 Maret," kata Lee Hak-Gi, kolonel dari South Korea Departemen Pertahanan Nasional.

"Sisa tentara Cina tetap akan digali di wilayah Korea Selatan yang sebelumnya telah dikembalikan ke China selama lima kali melalui desa ketika diberlakukan gencatan senjata di Panmunjom. Tapi pada tahun 2000, DPRK menolak untuk mengirim sisanya ke Cina, sebagai bagian dari upaya untuk membatalkan perjanjian gencatan senjata. Jadi, Cina tetap di blokir untuk menerima tentaranya sendiri"kata Seo Jeong Kyung, profesor Sungkyun Institut Studi China.

Sebenarnya pada tahun 2013 lalu, Presiden Park Geun –hye menawarkan sikap baiknya untuk mengembalikan langsung sisa tentara Cina , dan Beijing menyambut tawaran tersebut.bahkan lebih dari 500 sisa tentara Cina yang tewas dalam perang Korea telah dipulangkan sebagai ikatan persahabatan hubungan  Korea Selatan dan Cina.
Hingga kini belum jelas berapa korban tentara Cina yang tewas dalam perang Korea. Tetapi setidaknya 1 juta jiwa orang Cina diperkirakan terlibat dalam perang tersebut. Dan kini sisa serdadu Cina itu telah di makamkan di pemakaman negara di Shenyang,Cina setelah enam dekade menunggu panjang. (Washington Post/sam)

 

sam

No comment

Leave a Response