Sutradara The Last Emperor Meninggal di Roma Dalam Usia 77 Tahun

 

Matamatanews.com, ROMA—Sutradara sekaligus penulis  skenario senior Italia peraih Oscar, Bernardo Bertolucci dikabarkan meninggal dunia dalam usia 77 tahun di Roma  pada Senin kemarin (26/11/2018). Bernardo yang dikenal lewat film Last Tango in Paris dan Last Emperor itu meninggal dunia karena mengidap kanker, dan hampir setahun lamanya ia bertarung dengan penyakitnya tanpa banyak diketahui publik.

Sejak kegagalan operasi pada tahun 2003 silam, dirinya terpaksa menggunakan bantuan kursi roda untuk bergerak kesana kemari.Meski bekerja di lingkup Hollywood, Bertolucci selalu membela gaya pengambilan gambarnya dari tekanan industri perfilman Amerika Serikat. Dia selalu mempertahankan titik suksesnya dari kariernya terlepas dari berbagai kontroversi dalam karyanya dan sejumlah film nya yang flop dipasaran.

Film pertama  yang di arahkannya bertajuk La Commare Secca bercerita tentang misteri pembunuhan seorang pekerja seks komersial berusia 22 tahun,kemudian 1987 menyutradarai film epik The Last Emperor, sebuah film biografi tentang kehidupan Aisin-Gioro Puyi, Kaisar terakhir  Cina. Film tersebut sukses dan membuat Bernardo Bertolucci meraih 9 piala Oscar dalam ajang Academy Award ke 60. Film The Last Emperor meraih Oscar untuk kategori best picture, director, adapted, screenplay, cinematography, film editing, costume design, art director-set decoration dan original score atau penata musik. (bar)

sam

No comment

Leave a Response