Teleskop Terbesar di Dunia Buatan Cina

 

Matamatanews.com,JAKARTA—Bukan CIna namanya kalau tidak bisa membuat tekhnologi yang selalu maju dibandingkan negara asia lainnya. Seperti  dilansir kantor berita Xinhua dari China,  bahwa September nanti China akan mengoperasikan Teleskop yang diklaim sebagai teleskop terbesar di dunia. Hal itu terjadi karena lensa tersebut berukuran 500 meter,setara dengan luas 30 kali lipat lapangan bola.Teleskop tersebut diberi nama FAST (Five Hundred-meter Aperture Spherical Telescope).

Teleskop ini melampaui rekor teleskop terbesar yang sebelumnya dipegang oleh Arecibo Observatory  dari Puerto Rico yang berukuran hingga 300 meter. Teleskop ini nantinya dapat mendeteksi sinyal, bahkan yang sangat lemah sekalipun. Bahkan para ahli dari China percaya bahwa  teleskop ini dapat mendeteksi tanda-tanda kehidupan Alien.

 “Proyek ini menelan biaya hingga $180 juta dolar (Rp 2.37 triliun), dan teleskop yang super sensitif ini akan digunakan untuk mengetahui adanya kehidupan di luar bumi” kata Wu Xiangping, Direktur Jenderal Astronimical China.

Pihak Amerika bereaksi dengan mengatakan bahwa walaupun China menyatakan program teleskop ini untuk tujuan damai, tetapi departemen pertahanan AS menganggap Cina sedang melakukan  aktivitas yang bertujuan mencegah musuh melalui luar angkasa.

(Andro DP/berbagai sumber)

 

sam

No comment

Leave a Response