Terminal Klari Akhirnya Kembali beroperasi

 

Matamatanews.com, KARAWANG—Menelusuri kejelasan status operasional terminal Klari Karawang, rupanya tak semudah seperti membalikkan telapak tangan. Bagaimana tidak, keberadaan informasi terkait perpindahan terminal Klari yang masih simpang siur itu membuat sejumlah orang,terutama para pengguna jasa angkutan antar kota menjadi bingung, termasuk para sopir bus yang biasa menarik penumpang disana.

Merujuk surat edaran dari Dishub Kabupaten Karawang pada 16 Januari 2019 lalu,isi surat tersebut menjelaskan bahwa status terminal Klari adalah tipe C dan tipe A yang kedudukannya berada di Cikampek . dan berdasarkan Undang-undang Nomor 22  Tahun 2009  Tentang Lalulintas, terminal yang memiliki  tipe C dan A akan difungsikan kembali sesuai dengan tipenya.

Bagi pengusaha bus AKAP dan AKDP ,serta agen bus di terminal Klari diberi waktu hingga 1 Februari untuk pindah ke Cikampek.isu tersebut sontak menimbulkan keresahan terutama bagi warga sekitar  terminal. Mereka keberatan dan resah bila terminal yang biasa dimanfaatkan harus pindah ke Cikampek,ungkap Puji,salah seorang penumpang kepada Matamatanews.com.

"Wah,kalau sampai pindah ke Cikampek saya pribadi dan teman-teman akan kerepotan saat pulang kampung .Selain jarak yang jauh ke Cikampek,dari segi keamanan di Cikampek masih kurang kondusif menurut saya ", tutur Puji, mengeluh.

Menanggapi rencana perpindahan terminal ke Cikampek, salah satu agen bus di terminal Klari, Adam mengatakan bahwa dirinya akan tetap bertahan.”Kami akan tetap bertahan di sini,kasihan para penumpang nantinya . Lagipula di Cikampek  trayeknya belum jelas ,meski tipe A tapi ukurannya lebih kecil dari tipe C ini (di Klari),” paparnya.

Dari hasil mediasi yang dilakukan Pemda Karawang, dalam hal ini Dishub Kabupaten Karang dengan para pengusaha agen bus ,akhirnya disepakati  terminal Klari tetap beroperasi seperti biasa dengan pertimbangan demi kebutuhan ,keamanan , dan kenyamanan masyarakat. Namun demikian bukan berarti terminal Klari berubah status menjadi tipe A.Untuk menghindari polemik berkepanjangan, para agen bus berharap  terminal Klari bisa dinaikkan tipenya menjadi A.

 "Yah,untuk saat ini dengan pertimbangan kebutuhan masyarakat ,keluhan masyarakat pengguna moda transportasi bus ,serta faktor keamanan dan kenyamanan disana .maka wacana belum jadi dipindahkan ,tapi bukan berarti status terminalnya naik jadi Type A, Klari masih tetap dengan status Type C ,” jelas Dadang.(Ros)

 

sam

No comment

Leave a Response