Terorisme Bukan Berasal Dari Islam

 

Matamatanews.com, BERLIN – Minggu (19/2/2017), Dalam acara tahunan Konferensi Keamanan di Muenchen, Kanselir Jerman, Angela Merkel mengatakan, “Islam ‘bukanlah sumber dari terorisme’ dan menyerukan semua negara Islam untuk bergabung memerangi teroris. Negara-negara Islam harus menjadi yang terdepan dalam upaya memerangi terorisme”, kata Merkel.

Dalam pidato yang turut didengarkan oleh Wakil Presiden AS, Mike Pence, Merkel juga mengkritik langkah Presiden AS, Donald Trump yang melarang warga dari tujuh negara Islam atau berpenduduk mayoritas Muslim untuk melakukan perjalanan ke Amerika. Kanselir Jerman itu pun mengulang kembali pernyataannya bahwa Barat tidak bisa melawan kelompok teror atau terorisme tanpa keterlibatan aktif negara-negara yang penduduknya mayoritas Muslim.

"Saya pikir, negara-negara itu, yang pertama dan paling utama yang harus memberikan kontribusinya. Karena hanya dengan cara ini kita akan mampu meyakinkan orang bahwa itu Islam bukan merupakan sumber terorisme," katanya.

Merkel pun menyerukan kepada otoritas agama Islam. Dirinya mengatakan, suarakan dengan jelas tentang adanya demarkasi antara Islam yang damai dan terorisme atas nama Islam. "Kami sebagai non-Muslim tidak bisa melakukan hal itu, tetapi harus dilakukan oleh alim ulama dan otoritas Islam." tambah Merkel.

Kritikan Merkel terjadi setelah Trump menandatangani perintah eksekutif yang melarang warga dari tujuh negara Islam tersebut melakukan perjalanan ke Amerika. Namun, Departemen Kemanan Dalam Negeri AS menunda pelaksanaan larangan imigrasi Trump saat dibatalkannya perintah eksekutif itu oleh seorang hakim federal di Washington.

Merkel meminta sekutunya di Eropa agar bekerja sama dengan Rusia dalam memerangi ISIS dan memisahkannya dengan konflik di Ukraina dan Suriah. "Perjuangan bersama melawan terorisme adalah salah satu tujuan bersama, di mana kita memiliki kepentingan yang sama dan kita bisa bekerja sama," kata Merkel. [Did/Kmp/Berbagai Sumber]

sam

No comment

Leave a Response