Terpapar Korupsi Mantan PM Pakistan Dihukum 7 Tahun

 

Matamatanews.com, ISLAMABAD—Mantan perdana menteri Pakistan Nawaz Sharif dihukum tujuh tahun penjara oleh Pengadilan anti-korupsi atas dakwaan korupsi, pada Senin (24/12).Sharif dijatuhi vonis atas satu dari dua dakwaan korupsi dan dibebaskan dalam kasus lainnya. Geo News melaporkan bahwa pengadilan menyatakan perdana menteri tiga kali tidak dapat membuktikan sumber pendapatan untuk kepemilikan pabrik baja di Arab Saudi.

Sharif mengatakan dakwaan terhadapnya bermotivasi politik dan akan naik banding terhadap vonis terbarunya.Pada Juli 2018, Sharif dijatuhi hukuman 10 tahun penjara oleh pengadilan yang sama, dengan tuduhan terkait pembelian apartemen kelas atas di London, setelah Mahkamah Agung mencopotnya dari kekuasaan.

Sharif dibebaskan dari penjara pada September sambil menunggu putusan banding. Dia membantah semua dakwaan terhadapnya dan mengatakan dia telah menjadi sasaran oleh badan keamanan Pakistan. Di sisi lain, partai Sharif akan menganggap serius putusan itu.

Menurut Al Jazeera, vonis itu memang sesuatu yang akan dianggap serius oleh partai politiknya. Namun, orang harus juga diingat bahwa Nawaz Sharif sebelumnya ditangkap dalam kasus properti Avenfield, dan dikirim ke penjara. Sharif kemudian mengajukan petisi peninjauan dan dibebaskan dengan jaminan.

Upaya banding mungkin bisa dilakukan, tetapi mungkin perlu waktu. Sharif juga harus menunggu putusan atas banding awal ini dalam kasus properti Avenfield.

Keamanan ketat diberlakukan di pengadilan Islamabad pada hari Senin, dengan beberapa bentrokan antara pendukung Sharif dan pasukan keamanan. Polisi terpaksa menggunakan gas air mata, dan dengan cepat membuat situasi terkendali.[s/Al Jazeera/BBC/SP)

 

sam

No comment

Leave a Response