Tim Atlet BRI Soedirman Expedition VII berhasil menapaki puncak Aconcagua.

 

Matamatanews.com, PURWOKERTO—“Guna melanjutkan cita-cita anggota terdahulu, anggota Unit Pandu Lingkungan  Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Jenderal Soedirman (UPL MPA Unsoed), Purwokerto Jawa Tengah bertekad menggapai seven summit,” ujar Prof.Dr. Hibnu Nugroho, SH.,M.Hum. selaku pembina UPL MPA Unsoed. Kemudian Prof. Hibnu menyatakan, bahwa UPL MPA Unsoed mengusung Spirit On The Top Of The White Sentinel tepatnya di puncak gunung Aconcagua, Argentina.

Alief Einstein selaku Koordinator Sistem Informasi Unsoed menerangkan bahwa pada tanggal 17 Desember 2018 atlet BRI Soedirman Expedition VII berhasil menaklukan puncak Aconcagua (6.961 mdpl), Argentina. Selama kurang lebih 16 hari perjalanan dimulai dari Panitetes kemudian menuju ke camp Plaza de Mulas, disana tim beberapa kali melakukan res day sebelum melanjutkan perjalanan ke camp selanjunya yaitu camp Canada (5.000 mdpl).

Rencana operasional sebelumnya tim akan melakukan summit di tanggal 16 Desember 2018 namun karena kendala cuaca yang kurang stabil akhirnya tim bersama guide memutuskan untuk melakukan summit di tanggal 17 Desember 2018.  Sepanjang jalur pendakian, tim selalu melakukan aklimatisasi guna menstabilkan kondisi tubuh.

Setelah beranjak dari camp Canada atau camp 1, pada tanggal 15 Desember 2018 tim berada di camp Alaska (5.200 mdpl) dan kemudian langsung melanjutkan perjalanan ke camp Nido de Conderes (5.570 mdpl) atau camp 2. Keesokan harinya di tanggal 16 Desember 2018, tim bergegas melanjutkan perjalanan menuju camp 3 atau camp terakhir yaitu camp Colera (6.000 mdpl). Tim sempat diterjang badai dan angin kencang saat menuju camp selanjutnya.

Setelah camp Colera, perjalanan pun dilanjutkan ke Independencia (6.300 mdpl) jalur yang sudah begitu dekat dengan puncak Aconcagua. Tanggal 17 Desember 2018 tepat pada pukul 14.58 waktu Argentina atau 18 Desember pukul 00.58 Waktu Indonesia Barat, Tim Atlet BRI Soedirman Expedition VII berhasil mengibarkan bendera merah putih, bendera almamater Universitas Jenderal Soedirman dan panji UPL MPA Unsoed di puncak Aconcagua (6.961 mdpl).

Tim atlet yang terdiri dari Mohammad Ridho Ashari, Ningam Syukr,i dan Miftakhur Rizky juga berhasil bermain kesenian wayang khas Banyumas, Jawa Tengah di Puncak Aconcagua. Permainan wayang tersebut berceritakan tentang “Babat Sungai Serayu”, hal ini juga dipersembahkan untuk hadiah ulang tahun PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Dihari jadinya yang ke 123 tahun.(hen,berbagai sumber)

 

 

 

sam

No comment

Leave a Response