Tingkatkan Potensi Daerah, Desa Sungai Padang Gelar Festival

 

Matamatanews.com, BELITUNG – Sabtu (19/08/2017), Dalam rangka memperingati HUT RI ke-72, Desa Sungai Pandang, Belitung gelar Festival Jeramba Sungai Padang. Festival yang sudah berlangsung selama empat tahun ini merupakan ajang promosi potensi daerah, dan setiap tahunya selalu mengundang wisatawan untuk berdatangan.

Atas terselenggaranya Festival yang ke-4 pada tahun ini, Wakil Bupati Belitung, Erwandi A. Rani sangat mengapresiasi serta memberi nilai positif kepada Desa Sungai Padang. Diharapkan dengan event ini mampu menjadi sarana mempromosikan potensi Sungai Padang. Kegiatan ini dipadu dengan pementasan adat yang menjadi perwujudan akan kepedulian terhadap nilai-nilai budaya serta nilai kearifan lokal.

Pada pembukaan festival, Erwandi mengutarakan harapannya pada acara festival yang dapat meningkatkan produktivitas masyarakat Desa Sungai Padang. Lebih jauh lagi, ia pun berharap agar festival ini dapat menggali potensi yang ada, serta semakin banyak masyarakat yang selama ini terbukti mampu menarik minat wisatawan.

“Sesuatu yang unik itulah yang dicari wisatawan,” ujar Erwandi.

Sementara, Kepala Desa Sungai Padang, Firdaus mengatakan, “Festival ini lebih fokus mengangkat potensi lokal, misalnya lomba nimong, lomba jalan berandun, lomba mancing beluko, lomba ngelagan, lomba ngume, dan masih banyak lagi lomba-lomba lainnya” jelasnya.

“Lomba unik ini setiap tahun mengundang wisatawan untuk berdatangan, lomba-lomba yang ditampilkan merupakan kebiasaan masyarakat yang sengaja dilombakan, ini untuk mempromosikan kearifan lokal,” tutur Firdaus. (Jun/ Stefanus H.Lopis/ Ali Hasmara)

sam

No comment

Leave a Response