TNI Tangkap Kapal Bermuatan 400 Ton Minyak

 

Matamatanews.com, BELITUNG – Komando Armada RI Kawasan Barat (koarmabar) TNI Angkatan Laut menangkap kapal tangker Zamidah yang bermuatan 400 ton minyak di Tanjung Berikat, Selat Gelasa, Kepulauan Belitung pada Minggu (16/10/2016). Panglima Koarmabar Laksamana Muda TNI Aan Kurnia mengatakan, kapal Zamidah berbendera Singapura dengan anak buah kapal yang berasal dari Indonesia ditangkap di perairan Indonesia yang sedang berlayar menuju Malaysia.

Dari hasil pemeriksaan, nakhoda tidak memiliki dokumen kapal dan muatan yang meliputi surat persetujuan berlayar, manifes muatan, buku sijil atau register, daftar kru, buku kesehatan, buku pelaut, surat kecakapan nakhoda dan kepala kamar mesin (KKM), surat perjanjian kerja laut dan surat susunan perwira.

“Kapal tangker Zamidah di tangkap di perairan dekat Sumatera, dengan muatan 400 ton minyak. Kapal tersebut berbendera Singapura namun seluruh krunya berasal dari Indonesia”, lanjut Aan di Markas Koarmabar, Jakarta Pusat, Senin (17/10/2016). Kemudian kapal tersebut dibawa kepangkalan TNI AL Bangka Belitung dengan pengawalan ketat dari KRI Cucut-866 untuk dilakukan proses lebih lanjut.

Selama periode September hingga 16 Oktober 2016, koarmabar telah memeriksa lebih dari 150 kapal dan sebanyak 21 kapal telah diserahkan kepengadian. Aan menambahkan, 21 kapal tersebut diproses hukum karena tidak memiliki surat-surat yang lengkap saat beroperasi di perairan Indonesia. Selain itu mereka juga diduga melakukan kegiatan-kegiatan ilegal seperti menangkap ikan tanpa izin. (Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response