Trump Tuntut Dewan Keamanan PBB Segera Jatuhkan Sanksi untuk Korut

 

Matamatanews.com, AMERIKA SERIKAT – Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump kembali mengancam Korea Utara dan menuntut Dewan Keamanan PBB untuk segera bertindak serta menjatuhkan sanksi terhadap Pyongyang terkait program rudal dan nuklirnya.

Dalam laporan yang dirilis Reuters, Rabu (26/04/2017) Trump mengatakan status quo di Korut tidak dapat diterima, ini ialah ancaman nyata untuk dunia.

“Kini tergantung kepada kita, akan membicarakan masalah ini atau tidak,” ujar Trump.

Menteri Luar Negeri AS, Rex Tillerson dan Menteri Pertahanan AS, Jim Mattis berencana mengadakan pertemuan dengan 100 anggota senat di Gedung Putih untuk membahas masalah Korut. Selain itu, Trump juga mencari dukungan dari kongres.

Dalam beberapa pekan Pyongyang terus melancarkan ancaman akan menenggelamkan kapal induk USS Carl Vinson yang kini menuju semenanjung Korea.

Pada Sabtu (22/04/2017) Korut juga menahan seorang warga negara AS yang hendak meninggalkan negara itu. Hal ini menjadikan ketegangan kedua negara semakin meningkat.

Trump juga tengah membujuk Cina untuk mengendalikan Pyongyang setelah serangkaian uji coba rudal yang ke-6 baru-baru ini.

Presiden Cina, Xi Jinping meminta semua pihak untuk menahan diri. Hal ini disapaikan dalam pembicaraannya via telepon dengan Trump pada akhir pekan. Ia juga menyampaikan bahwa Beijing akan menentang semua kebijakan yang bertentangan dengan revolusi PBB. (Adith/Berbagai Sumber)

sam

No comment

Leave a Response