Unsoed Terima Hibah Ranpur Tank AMX 13 APC

 

Matamatanews.com, PURWOKERTO—Prof. Dr. Hibnu Nugroho, SH., M.Hum sebagai Wakil Rektor Unsod Bidang Umum dan Keuangan mengungkapkan bahwa sebagai universitas yang menyandang nama besar Jenderal Soedirman maka segenap civitas akademika haruslah memahami sejarah dan perjuangan Panglima Besar (pangsar) Jenderal Soedirman, nilai-nilai cinta tanah air dan bangsa menjadi bagian yang tak terpisah dalam etos kerja.  Untuk mengenang nilai-nilai kejuangan bangsa Indonesia maka Unsoed berinisiatif meminta kepada Markas Besar (Mabes) Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) untuk menghibahkan salah satu alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang dimiliki. 

Menurut Prof. Hibnu Tentara Nasional Indonesia Markas Besar Angkatan Daratmenghibahkan kendaraan tempur (ranpur) lapis baja “Ranpur Tank AMX-13/APC” sebanyak 1 (satu) unit. Prof Hibnu menilai proses hibah ranpur tersebut tersebut berjalan cepat sejak surat Rektor Unsoed tentang Permohonan Hibah Ranpur untuk monumen di Unsoed dikirim ke Panglima Kodam (Pangdam) IV/Diponegoro. Selanjutnya Prof.Hibnu mengatakan bahwa pendistribusian satu kendaraan tempur (ranpur) khas milik TNI tersebut diboyong langsung dari markas besar TNI AD di Jakarta menuju Gelanggang Olah Raga Soesilo Soedarman di Kampus Unsoed Karangwangkal Purwokerto Utara pada hari Sabtu (22/12/2018).

" Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Jawa Tengah menerima sebuah tank dari Mabes TNI. Keberadaan tank tersebut disamping untuk memperkuat identitas Unsoed juga untuk menambah sarana kelengkapan taman yang bisa menjadi area terbuka untuk rekreasi bagi civitas akademika maupun bagi masyarakat sekitar, "ungkap Prof.Hibnu.

Alief Einstein selaku Koordinator Sistem Informasi Unsoed menerangkan bahwa Unsoed tentunya bangga bisa mendatangkan alat perang milik TNI AD untuk monumen. Adanya kendaraan berlapis baja Ranpur Tank AMX-13/APC yang akan ditempatkan sebagai monumen di kawasan bunderan Gelanggang Olah Raga Soesilo Soedarman ini, selain akan menjadi magnet tersendiri bagi wisata sekaligus edukasi bertema sejarah, juga diharapkan dapat menambah inspirasi bagi generasi yang akan datang.

Ranpur Tank AMX-13/APC (Armoured personel Carrier) menurut Einstein dari berbagai sumber merupakan tank produksi Perancis. Persenjataan tersebut dibeli oleh Indonesia sebanyak 400 demi mendukung Operasi Trikora. Pada 1960-1963 pemerintah RI melancarkan Operasi Trikora untuk merebut Irian Barat (Papua) dari tangan Belanda. Demi memenuhi kebutuhan persenjataan, Indonesia membeli sejumlah peralatan tempur dari sejumlah negara. Tapi tank-tank AMX-13 RI yang dioperasikan oleh batalyon-batalyon kavaleri TNI AD dan kemudian ‘menganggur’ karena Operasi Trikora berakhir secara damai tetap berusaha dipelihara dengan cara diremajakan (retrovit).

Meski sejumlah tank AMX-13 telah dijadikan monumen, ternyata masih banyak tank AMX-13 yang tersimpan dengan baik dan dalam kondisi bagus sehingga proses peremajaan bisa lebih mudah dilakukan.(hen/berbagai sumber)

 

sam

No comment

Leave a Response