WHO Temukan Vaksin Baru Untuk Lumpuhkan Virus Ebola

 

Matamatanews.com, GUINEA –Ebola ialah penyakit mematikan yang disebabkan oleh virus dan menyebar melalui kontak langsung. Peyakit ini menjadi pusat perhatian dunia karena wabah Ebola tercatat sebagai yang paling tinggi oleh WHO.

Peneliti World Health Organization (WHO) berhasil menemukan vaksin yang diklaim efektif melumpuhkan virus Ebola, meski vaksin itu sendiri baru selesai tahap percobaan.

Percobaan ini dilakukan pada tahun 2015 yang melibatkan sekitar 5.837 orang di Guinea. Sebenarnya jumlah pasien yang terinfeksi Ebola di negara ini sudah berkurang. Namun, para responden mengaku pernah melakukan kontak langsung dengan penderita Ebola baru.

Terkait dengan hal itu, para peneliti memberikan vaksin baru yang dinamai rVSV-ZEBOV sesegera mungkin. Dalam 10 hari mereka yang segera diberi vaksin tidak ditemukan kasus Ebola baru, sedangkan, mereka yang terlambat diberi vaksin ditemukan 23 kasus.

Seperti dilansir CBS News, Dr Marie-Paule Kieny mengatakan kami harus menghentikan studinya karena kami sibuk mengimunisasi orang-orang yang terpapar virus ini di Guinea.

Namun, menurutnya kondisi ini justru meyakinkan peneliti bahwa vaksin temuan baru ini benar-benar mampu mengendalikan wabah Ebola. “Dan ini ialah vaksin pertama yang terbukti efektif, setidaknya untuk strain Zaire.”

Meskipun demikian, kasus-kasus baru masih bermunculan karena terjadi rekontroduksi virus, meski tidak banyak. Serta peneliti ingin meneruskan percobaan lain untuk memastikan vaksin ini efektif untuk virus Ebola strain kedua, yakni sudan.

WHO juga telah mencabut status gawat darurat terkait wabah Eboa sejak maret 2016 lalu. hal ini bersamaan dengan larangan bepergian ke daerah terdampak Ebola paling buruk seperti negara Guinea, Liberia dan Sierra Leone. (adith/Berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response