Wisata Dengan Nuansa Pedesaan Di Agro Karang Penginyongan

 

Matamatanews.com, KARANGTENGAH—Bagi pecinta wisata bertema alam, Agro Karang Penginyongan (AKP) mungkin bisa menjadi salah satu solusi kunjungan wisata anda di akhir pekan. Wahana ini merupakan wisata edukasi yang berada di Grumbul Menggala Desa Karangtengah, Kec. Cilongok Kab. Banyumas atau berjarak 25 km kearah barat kota Purwokerto. Tidak sulit untuk menemukan tempat ini, dari jalan propinsi tepatnya di Desa Kalisari akan kita jumpai papan penunjuk arah menuju lokasi. Apalagi didukung sarana transportasi dan jalan yang cukup memadai mempermudah bagi pelancong untuk mengunjunginya.

Apa saja yang ditawarkan dari AKP selain menjual nuansa alam nan asri ? Di wahana ini telah disediakan home stay dengan suasana pedesaan. Kita bisa menikmati alam pedesaan di waktu malam dengan udara yang sejuk berikut menjelajah wisata alam Curug Cipendok ataupun bermain di peternakan sapi perah. 

Berbagai fasilitas yang tersedia di Agro Karang Penginyongan diantaranya : 

Umah Gubug, sebanyak 21 buah rumah berbentuk gubug yang masing masing berisi 3 buah tempat tidur. Setiap gubug dilengkapi fasilitas sekelas hotel seperti selimut, handuk, sabun, obat anti nyamuk, air mineral serta kamar mandi di dalam.Pondok Kelapa, sebanyak 12 unit telah disediakan dengan fasilitas seperti hotel berkapasitas 6 orang. 

Villa Teratai, terdiri dari 2 kamar kapasitas 4 orang dengan fasilitas tempat tidur spring bed, selimut, handuk, sabun, air mineral, Electric Keetle dan kamar mandi. Villa Lotus, memiliki 2 ruangan dengan fasilitas kamar mandi, air mineral, sabun, Electric Keetle, teh dan kopi.Villa Bougenville, merupakan villa dengan nuansa tradisional modern dengan gaya arsitektur rumah kayu. 

Pendapa Putri Kuwung, terletak di Taman Putri Kuwung berkapasitas 70 orang bisa digunakan untuk acara meeting, pelatihan ataupun hiburan.Pendapa Praba Wulan, merupakan aula yang bisa menampung sebanyak 200 orang digunakan untuk event event, meeting, reuni atau acara lainnya.

Bale Juguran, berada di Lembah Temu Agung digunakan untuk acara acara kecil seperti arisan, temu keluarga, ataupun pertemuan kecil menampung sebanyak 30 orang.Peternakan, Agro Karang Penginyongan memiliki peternakan sapi untuk sarana edukasi bagi pengunjung. Di tempat ini pengunjung juga dapat melihat langsung cara kerja pembuatan Biogas.Camping Ground, area ini mempunyai luas sekitar 1500 m2 mampu menampung 50 unit tenda. Bagi pecinta aktivitas menginap di alam terbuka di tempat inilah menjadi pilihan utamanya.

Area Outbond, meliputi outbond personal (fisik) dan outbond icebreaking atau fun games. Sarana yang tersedia diantaranya panjat tebing, berjalan di atas pelana kuda, melewati jejaring, berjalan di jembatan gabtung serta flying fox. Di tempat ini pengunjung bisa menikmati nuansa puncak Bukit Manggalayang dengan fasilitas jogging trek.

Taman Bunga, berada di bawah pendopo Praba Wulan terhampar aneka tanaman bunga aneka warna, diantaranya mawar, melati, sedap malam, bunga matahari, bunga kaca pring, kantong semar, dan lain lain. Tak hanya di sekitar pendopo Praba Wulan taman bunga ini juga berada di taman bunga Putri Kuwung berada sebelah barat daya komplek AKP.

Selain menjual prasarana yang menarik Agro Karang Penginyongan juga menawarkan kegiatan bertema alam, seperti Teater Alam dibawah asuhan seniman Titut Cowongsewu kita akan disuguhi pertunjukan yang bertema alam, sosial dan budaya. Seni Budaya Banyumasan, di AKP akan dihibur dengan kesenian Banyumas seperti Calung, Lengger atau tarian tradisional Banyumas dengan terlebih dahulu memesan secara khusus. Jogging Trek Manggalayang, dengan luas 4.1 ha kita dapat mengelilingi area AKP yang berbentuk lembah dan bukit dari Jalan Titian Kasih hingga ke Puncak Bukit Manggalayang.

Kemudian menurun ke pelataran Praba Wulan melewati Goa Praba Wulan. Melukis Caping, Topeng dan Kanvas, ini adalah salah aktivitas yang menyenangkan dan akan didampingi oleh seniman yang profesional. Api Unggun, aktivitas yang cocok bagi rombongan di malam hari akan dimeriahkan dengan organ tunggal, treatikal, dan musik Banyumasan. Naik Kuda, sangat cocok bagi anak anak dengan mengelilingi AKP dengan tarif yang sangat terjangkau. 

Barbeque, di tempat ini disediakan peralatan panggang bila pengunjung ingin hidangan malam dengan sajian bakaran. Bentor jelajar Cilongok, AKP menyediakan sarana transportasi berupa odhong odhong sebanyak 2 unit berkapasitas 6 orang untuk mengelilingi area peternakan atau curug Cipendok.Dengan fasilitas yang sangat komplit tidak salah jika wahana ini menjadi salah satu kunjungan anda di akhir pekan bersama rekan, sahabat atau keluarga.*(hen/berbagai sumber)

 

 

 

sam

No comment

Leave a Response