Xi Jinping Minta Dukungan Pada Universitas Di Cina

 

Matamatanews.com, BEIJING – Presiden Cina Xi Jinping meminta kepada Universitas dan kampus-kampus yang berada di negaranya untuk memberikan dukungan kepada partai komunis yang saat ini sedang berkuasa.

Seperti yang di kutip Reuters dari kantor berita Xinhua, Xi mengatakan ketaatan pada kepemimpinan partai sangat penting bagi perkembangan pendidikan tinggi di negara ini. “Kebijakan partai di bidang pendidikan harus dijalankan sepenuhnya dan partai harus meningkatkan kemampuan organisasi akar rumput di sekolah-sekolah untuk melaksanakan kegiatan ideologis dan politis”, lanjut Xi.

Pada tahun 1989 saat mahasiswa mengelar aksi protes pro-demokrasi, sejak itu pula kurikulum dan kuliah di Cina di perketat oleh pemerintah. Selain itu, penertiban dengan cara kekerasan terhadap perkataan akademisi dan mahasiswa menjadi hal yang biasa di Cina.

Sejak Xi Jinping berkuasa di Cina pada tahun 2012 lalu, Cina membatasi kebebasan untuk berpendapat. Namun Xi mendapatkan apresiasi yang tinggi setelah menerapkan peraturan yang keras terhadap para koruptor.

Banyak para petinggi Partai Komunis yang ikut diadili dan di jatuhi vonis yang berat, termasuk para Jenderal militer di Tentara Pembebasan Rakyat. Para pengamat mengatakan, kendali Xi lebih besar dari pada Mao Zedong. (Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response