LSM Perancis Selamatkan 236 Migran di Lepas Pantai Libya

 

Matamatanews.com, TRIPOLI—Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) terkenal asal Perancis SOS Mediterranee dikabarkan  telah menyelamatkan lebih dari 230 migran dari dua perahu karet di lepas pantai Libya pada hari Selasa (28/4/2021).

"Hari ini, #OceanViking menyelamatkan 236 orang dari 2 perahu karet yang penuh sesak di perairan internasional, 32 NM (mil laut) di lepas pantai Zawiyah, Libya," kata LSM itu dalam Twitter.

"Beberapa orang yang selamat dalam keadaan lemah, dehidrasi dan sekarang mulai pulih. Wanita menderita luka bakar ringan dan menghirup asap. 114 anak di bawah umur tidak ditemani," tambahnya.

Pekan lalu Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) mengatakan, dalam beberapa hari terakhir setidaknya 172 orang tewas di tiga kapal yang berbeda. Dan angka kapal yang tenggelam di penyebrangan paling mematikan  kini m eningkat dua kali lipat pada tahun 2021 ini.

Seperti dilansir Daily Sabah, Libya mengalami kekacauan setelah pemberontakan tahun 2011 lalu ketika Moammar Gadhafi digulingkan dan kini muncul sebagai titik transit utama bagi para migran Afrika dan Arab yang melarikan diri dari perang dan kemiskinan ke Eropa.kebanyakan para migran yang melakukan perjalanan berbahaya hanya menggunakan perahu karet tanpa dilengkapi peralatan yang aman dan memadai. (cam)

redaksi

No comment

Leave a Response