Pasca Operasi Militer Dadakan Hamas, Pertempuran Palestina dan Israel Terus Berkobar

 

Matamatanews.com, GAZA—Pertempuran bersenjata antara pejuang Palestina melawan pasukan penjajah Israel terus berkobar di hari kedua pada Ahad (8/10/2023) menyusul operasi militer dadakan yang dilakukan Hamas. Seperti dilaporkan media Mesir Ahram online,tentara Israel menghantam beberapa bangunan di Gaza dengan roket hingga jumlah korban tewas mencapai ratusan orang di kedua belah pihak.

Hamas melakukan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Israel pada hari Sabtu dini hari yang menewaskan lebih dari 400 warga Israel dan melukai 2.048 lainnya. Para pejuang dari kelompok tersebut keluar dari Jalur Gaza yang diblokade dan mengamuk di pemukiman Israel di dekatnya, menangkap para tawanan, baik tentara maupun pemukim.

Perdana Menteri Israel Benjamin mengumumkan keadaan perang, meluncurkan serangan balasan di Gaza yang telah meratakan bangunan dan menewaskan hampir 370 warga Palestina, termasuk 20 anak-anak, dan melukai 1.990 orang.

Di Tepi Barat, tujuh orang Palestina telah terbunuh sejak Sabtu - dua di Ramallah, dua di Hebron, satu di Yerikho, satu di Qalqilya, dan satu di Nablus, menurut kementerian kesehatan Palestina.

Hizbullah Lebanon bergabung dalam pertempuran pada hari Sabtu dengan menembakkan peluru artileri dan peluru kendali ke posisi-posisi Israel, dan Israel mengebom Lebanon selatan sebagai pembalasan.

Ahram Online memberikan informasi terbaru saat peristiwa berkembang di lapangan.

18:00: Menurut Kementerian Kesehatan Israel, sebanyak 2.156 warga Israel telah terluka, dengan ratusan orang dalam kondisi kritis.

17:40: Kantor Pers Pemerintah Israel mengatakan dalam sebuah posting di Facebook bahwa setidaknya 100 warga Israel ditawan di Gaza, dan menambahkan bahwa lebih dari 600 warga Israel telah terbunuh dan lebih dari 2.000 lainnya terluka.

Hingga saat ini Israel menolak untuk mengkonfirmasi jumlah warga sipil atau tentara yang disandera, meskipun laporan-laporan media menyebutkan bahwa jumlahnya mungkin setidaknya 170 orang.

17:35: Seorang pejabat Israel mengkonfirmasi kepada Channel 12 News pada hari Minggu bahwa ada upaya-upaya yang sedang berlangsung oleh Mesir, Yordania, dan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk memediasi pembebasan para tawanan Israel. Pejabat tersebut mengatakan bahwa Mesir sedang melakukan pembicaraan dengan Hamas untuk mengamankan pembebasan warga Israel yang rentan, termasuk orang tua dan anak-anak.

17:30: Kementerian Luar Negeri Mesir mengumumkan bahwa mereka telah melakukan "kontak intensif untuk mengakhiri krisis" sejak Sabtu dan Menlu Shoukry melakukan kontak dengan para pejabat internasional untuk mencegah eskalasi lebih lanjut.

17:00: Paus Fransiskus menyerukan "perdamaian di Israel dan di Palestina", mengatakan "terorisme dan perang tidak akan menghasilkan solusi".

"Perang adalah kekalahan. Semua perang adalah kekalahan. Mari kita berdoa untuk perdamaian di Israel dan Palestina," katanya di Lapangan Santo Petrus di Vatikan.

16:00: Jumlah warga Palestina yang tewas akibat serangan Israel meningkat menjadi 370 orang, menurut Kementerian Kesehatan.

15:45: Israel menembakkan sebuah rudal permukaan-ke-udara Patriot ke sebuah target yang tidak diketahui di dekat perbatasan dengan Lebanon, menurut laporan-laporan media Israel yang mengutip sumber-sumber lokal di kota Safed di bagian utara. Tembakan lintas batas antara Hizbullah Lebanon dan Israel kembali terjadi ketika sebuah tank Israel menembakkan sebuah peluru ke arah sekitar daerah perbatasan Khuraibah di Lebanon selatan, seperti yang dilaporkan oleh koresponden Al-Jazeera.

15:15: Beberapa media Israel melaporkan bahwa jumlah korban tewas warga Israel telah meningkat menjadi 600 orang. Lembaga penyiaran publik Kan dan Channel 12, serta surat kabar Haaretz dan Times of Israel, melaporkan jumlah korban tewas pada hari Minggu. Belum ada konfirmasi resmi.

15:00: Kabinet keamanan Israel memilih untuk menyatakan negara tersebut secara resmi dalam keadaan perang, memberikan pemerintah otoritas hukum untuk melakukan "kegiatan militer yang signifikan," Kantor Perdana Menteri Israel mengumumkan. Keputusan ini diambil setelah deklarasi perang informal hari Sabtu oleh PM Netanyahu setelah serangan Hamas.

14:59: Presiden Mesir Abdel-Fattah El-Sisi berbicara dengan Raja Yordania Abdullah II melalui telepon mengenai pertempuran yang sedang berlangsung. Kedua pemimpin sepakat untuk bekerja mencegah situasi memburuk lebih lanjut, sebuah pernyataan dari kantor kepresidenan Mesir mengatakan.

14:30: Para saksi mata melaporkan bahwa pesawat-pesawat Israel melakukan sebuah serangan udara di dekat kota Rafah, Gaza, di perbatasan Mesir, menurut kantor berita AP. Namun, serangan tersebut tidak dapat dikonfirmasi, atau rincian lebih lanjut dipastikan. Pengeras suara dari masjid-masjid dan mobil-mobil yang melintas di Rafah mengumandangkan ucapan belasungkawa dan pujian bagi para pejuang Hamas dari Rafah yang terbunuh dalam serangan terhadap Israel.

14:07: Jumlah korban tewas di pihak Israel naik menjadi 400 orang, menurut Kementerian Kesehatan Israel.

14:05: Organisasi Kerjasama Islam (OKI), blok negara-negara Muslim terbesar di dunia, mengutuk agresi militer Israel di tengah-tengah pertempuran yang sedang berlangsung antara Israel dan Hamas.

14:03: Paus Fransiskus pada hari Minggu menyerukan "penghentian serangan" di Israel, dan menjelaskan bahwa "terorisme dan perang tidak akan menghasilkan solusi."

14:00: Kementerian Luar Negeri Palestina mengutuk keras sikap diam masyarakat internasional dalam menghadapi agresi dan pembantaian yang dilakukan Israel terhadap warga sipil Palestina.

13:49: UNRWA mengatakan bahwa 20.300 warga Palestina telah mengungsi dan berlindung di 44 sekolah di sekitar Gaza. "Jumlah (pengungsi) meningkat dengan cepat," kata Inas Hamdan, penjabat petugas informasi publik di Gaza. Badan tersebut mengatakan tiga sekolahnya mengalami kerusakan "tambahan" akibat serangan udara Israel.

Badan tersebut juga mengatakan bahwa operasi sembilan sumur air di sekitar Jalur Gaza dihentikan pada Sabtu dini hari sebelum dilanjutkan pada hari Minggu. Pusat-pusat distribusi makanan milik badan tersebut, yang menyediakan lebih dari 540.000 penduduk Gaza, telah ditutup sejak hari Sabtu.

13:40: Jumlah tentara Israel yang tewas sejak hari Sabtu telah meningkat menjadi 44 orang, menurut tentara Israel. Tentara Israel mengungkapkan bahwa di antara para komandan militer yang tewas adalah Kolonel Roi Levy, kepala unit elit Multidimensi, yang juga dikenal sebagai "Hantu" ketika pasukannya bentrok dengan Hamas di pemukiman selatan Re'im.***

13:30: Presiden Palestina Mahmoud Abbas memerintahkan pengiriman konvoi bantuan ke Jalur Gaza

13:09: Kedutaan-kedutaan besar Israel di seluruh dunia telah ditetapkan dalam keadaan siaga maksimum dan para duta besarnya telah diinstruksikan untuk tidak meninggalkan kediaman mereka, media Israel melaporkan. Sementara itu, semakin banyak penerbangan ke Tel Aviv yang dibatalkan dan Otoritas Bandara Israel mengumumkan bahwa bandara-bandara di bagian selatan dan tengah negara itu ditutup untuk penerbangan pribadi dan pariwisata.

13:00: Tentara Israel mengirimkan tank-tank dan kendaraan lapis baja untuk memperkuat perbatasan Gaza.

12:46: Sirene peringatan berbunyi di semua pemukiman di sekitar Gaza, Al Jazeera melaporkan beberapa menit setelah serangan baru Israel di Jalur Gaza.

12:30: Media Israel mengatakan 15 warga Israel terbunuh oleh orang-orang bersenjata yang memasuki daerah Mafkim di selatan kota pesisir Ashkelon.

12:34: Juru bicara Brigade Al-Qassam, Abu Ubaida, mengatakan bahwa kelompok tersebut mampu mengganti beberapa pasukannya di daerah pertempuran dan melakukan operasi dukungan baru di beberapa sumbu. Dia mengatakan bahwa kelompok tersebut telah melakukan operasi infiltrasi baru selama beberapa jam terakhir. "Kami akan melanjutkan pertempuran membanjiri Al-Aqsa," tambahnya, seraya menyerukan kepada "rakyat Palestina di manapun berada untuk bergabung dengan kami dalam pertempuran ini."

12:14: Seorang polisi Mesir menembak mati dua turis Israel di Alexandria pada hari Minggu, kata saluran berita Al-Qahira, mengutip sumber keamanan Mesir. Selain itu, seorang warga negara Mesir juga tewas dan seorang lainnya terluka dalam insiden yang sama. Pelaku penembakan telah ditangkap dan saat ini sedang diselidiki oleh pihak berwenang, menurut sumber tersebut.

12:13: Kementerian Luar Negeri China mengatakan "kembalinya konflik ini menunjukkan sekali lagi bahwa proses perdamaian yang berlarut-larut tidak dapat dilanjutkan."
"Jalan keluar mendasar dari konflik ini terletak pada penerapan solusi dua negara dan pendirian Negara Palestina yang merdeka," tambah kementerian tersebut dalam sebuah pernyataan.

11:45: Seorang pejabat militer Israel mengatakan "ratusan" pejuang Palestina telah terbunuh dan puluhan lainnya ditangkap selama pertempuran di Gaza dan Israel selatan.
12:10: Kementerian Luar Negeri Thailand mengatakan 11 warga negaranya ditangkap selama pertempuran di Israel selatan dan diduga telah dibawa ke Gaza. Kedutaan Besar Inggris juga mengkonfirmasi kepada Sky News bahwa seorang warga negara Inggris-Israel hilang di dekat Kibbutz Re'im.

12:10: Otoritas Palestina menyerukan pertemuan darurat Liga Arab di tingkat menteri.

11:34: Serangan Israel berlanjut di pinggiran Kafr Shuba dan Sadana di Lebanon, menurut Kantor Berita Lebanon.

11:21: Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengadakan penilaian situasi dengan Menteri Pertahanan Yoav Gallant, Kepala Staf Herzl Halevi, dan para pejabat pertahanan senior lainnya, menurut sebuah pernyataan dari kantornya.

11:17: Israel memberlakukan penutupan menyeluruh di gubernuran utara Tepi Barat, kantor berita Palestina WAFA mengatakan pada hari Minggu bahwa pasukan Israel mencegah orang-orang memasuki atau meninggalkan desa-desa di Ramallah, termasuk kota Al-Bireh

11:00: Sayap bersenjata Hamas, Brigade Al-Qassam, mengatakan mereka menembakkan 100 roket ke kota Sderot sebagai tanggapan atas penargetan rumah-rumah di Gaza oleh Israel.

10:45: Sirene roket berbunyi di pemukiman Israel Sderot, dekat Gaza.

10:35: 313 orang telah terbunuh oleh Israel di Jalur Gaza sejauh ini, 1.990 orang terluka, menurut Kementerian Kesehatan Palestina.

10:14: Israel akan mengevakuasi semua penduduk yang tinggal di kota-kota dekat perbatasan Gaza dalam waktu 24 jam, juru bicara militer Israel mengatakan pada hari Minggu seraya menambahkan bahwa pertempuran di kota Kfar Aza sedang berlangsung untuk membebaskan para tentara dan pemukim yang ditangkap oleh Hamas di dalam kota.

10:01: Israel mengumumkan pada hari Minggu bahwa 30 polisi dan 26 tentara tewas selama hari pertama perang dengan Hamas.

9:44: Militer Israel mengatakan bahwa pasukannya memerangi pejuang Hamas di delapan tempat.

9:19: Angkatan udara Israel menyerang rumah kepala departemen intelijen Hamas, kata militer Israel pada hari Minggu.

9:15: Israel menyerang 426 target di Gaza, kata militernya. Target-target tersebut termasuk sebuah menara 14 lantai yang menampung puluhan apartemen, yang diratakan, serta kantor-kantor Hamas di pusat Kota Gaza.

9:10: 100 warga sipil dan tentara Israel telah ditangkap oleh para pejuang Palestina, Kedutaan Besar Israel untuk Amerika Serikat mengatakan dalam sebuah posting di X (sebelumnya Twitter).

8:55: Tentara Israel, dinas keamanan Shin Bet dan Polisi Perbatasan menangkap 19 anggota Hamas sepanjang Sabtu malam di Tepi Barat - termasuk enam orang di Hebron, menurut juru bicara tentara.

8:30: Brigade Izz al-Din al-Qassam, sayap militer gerakan Palestina Hamas, mengatakan bahwa para pejuangnya masih "terlibat dalam bentrokan sengit" di beberapa lokasi di dalam wilayah Israel.(cam/dbud/ahram online)

 

 

 

 

redaksi

No comment

Leave a Response